SSD vs HDD Siapakah yang Unggul?

SSD VS HDD – Selama ini harddisk atau sering disingkat HDD telah menjadi standar media penyimpanan untuk komputer maupun laptop. Seiring dengan perkembangan teknologi, media penyimpananpun juga mengikuti perkembang. Saat ini yang sedang banyak dibicarakan adalah SSD, yang merupakan pengembangan dari teknologi HDD.

ssd vs hdd

Pada dasarnya, SSD itu sama seperti HDD. Hanya saja tidak tersimpan pada lapisan-lapisan magnetik layaknya HDD. SSD menyimpan semua data pada chip-chip emory flash yang saling terhubung satu sama lain. Flash memory pada SSD jelas berbeda dengan yang digunakan pada Flashdisk dalam hal tipe dan kecepatan. Chip flash memori pada SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada Flashdisk. Dengan kapasitas yang sama, harga SSD jauh lebih mahal daripada Flashdisk. Lalu sampai sejauh mana perbedaan HDD dan SSD ini berikut adalah ulasannya.

1. SSD vs HDD – Ukuran dan Berat

Komponen atau material yang terdapat pada HDD, seperti platter, head, dll sangat berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi serta berat dari HDD itu sendiri. Karena teknologi HDD sangat bergantung pada putaran piringan, hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat diproduksi. Sedangkan SSD terbebas dari batasan tersebut, sehingga ukuran SSD dapat disusutkan ukurannya seiring dengan perkembangan jaman. Ukuran SSD yang tersedia sekarang adalah 2,5 inci, itu berarti SSD ini bisa digunakan oleh komputer dan laptop. Seiring dengan semakin kecilnya ukuran laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet untuk menjelajahi web, kalian akan melihat kemampuan SSD yang dapat beradaptasi dengan mudah karena ukuran dari laptop/komputer itu sendiri

2. Komponen dan Prinsip Kerja

HDD merupakan kependekan dari Harddisk Drive, sedangkan SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. HDD tersusun atas komponen mekanik dan elektronik. Bagian mekanik HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah (baca dan tulis) data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data.

Secara umum, proses pengolahan data di HDD dilakukan atau terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. Sedangkan SSD di dalam memproses data, menulis dan membaca data tidak didukung oleh proses mekanik, dan di dalam SSD tidak ada komponen mekanis seperti motor dan lengan serta piringan yang berputar. Pada SSD hanya terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan RAM.

ssd vs hdd

Baca juga : Langkah Memulai Bisnis Hotel

3. Kecepatan Baca dan Tulis Data

Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan Read and Write SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD. PC atau laptop yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan HDD cenderung lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan yang pasti tidak lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD. Demikian pula dalam hal mentransfer data, SSD akan lebih cepat dalam mentransfer data dibandingkan dengan HDD.

ssd vs hdd