SISTEM OPERASI

Sistem Operasi – Operating System (OS) merupakan sebuah penghubung antara user (pengguna komputer) dengan hardware (perangkat keras) komputer. Sebelum ada OS, manusia menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Sebagai contoh, komputer yang digunakan untuk mengontrol oven memiliki tugas amat sederhana dengan alat input dan alat output sederhana pula. Hardware yang lain pun sederhana dan tidak pernah diubah-ubah. Kita dapat mengatur beberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan.sistem operasi

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software yang lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antarmuka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Sebagian Operating System hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Operating System baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Operating System berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, Palm, Symbian, dan sebagainya.

Perkembangan

1. Generasi pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Hal itu disebabkan para pencipta sistem komputer menyadari bahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas. Di samping itu, manusia juga sangat mudah membuat kecerobohan, kekeliruan, bahkan kesalahan. Pada generasi ini, belum ada sistem operasi. Oleh karena itu, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2. Generasi kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan batch prosesing system, yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. Contoh fungsi Operating System yang berkembang pada masa ini ialah FMS dan IBSYS.

3. Generasi ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini, Operating System dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus para pemakai dapat berkomunikasi secara interaktif lewat terminal secara online ke komputer. Dengan demikian, sistem operasinya menjadi multi-user dan multi-programming.

4. Generasi keempat (pasca 1980-an)

Dewasa ini, Operating System digunakan untuk jaringan komputer dengan para pemakainya menyadari bahwa keberadaan komputer-komputer yang digunakan saling terhubung satu sama lain. Pada masa ini, para pengguna juga telah diberikan kenyamanan dengan Graphical User Interface (GUI), yaitu antarmuka komputer berbasis grafis yang sangat nyaman. Pada masa ini, juga dimulai era komputasi tersebar, yaitu komputasi-komputasi yang tidak lagi dimulai berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Jenis-jenis Sistem Operasi

1. DOS

DOS (Disk Operating System) merupakan awal sistem operasi yang dipakai oleh IBM PC disebut PC-DOS dan PC yang kompatibel dengan IBM PC disebut dengan MS-DOS. Versi DOS yang pertama dikeluarkan pada tahun 1982 dalam sebuah disket. Saat ini sistem operasi ini sudah tidak digunakan lagi. DOS memiliki fungsi untuk mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer, mengatur memori, mengatur proses input dan output data, management file, management directory. Kelebihan DOS yaitu mampu menampilkan program yang lebih “realistis” dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut). Kekurangan DOS adalah tidak memiliki GUI sehingga membuat lebih sulit digunakan, karena menggunakan Command Line Interface (CLI) atau yang biasa disebut berbasis teks, Windows yang sekarang tidak begitu kompatibel dengan program DOS.

2. MAC OS

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna GUI (Graphical User Interface). Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur Power PC maupun x86. Kelebihan Mac OS adalah Hardware dan sistem operasi yang berasal dari produsen yang sama, tidak bisa di tembus virus dan worm. Kekurangan Mac OS adalah tidak dapat digunakan pada perangkat lain, tidak cocok untuk bermain game, dan harganya yang relatif mahal.

3. LINUX

Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama (Open Source). Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Kelebihan LINUX :
  • Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  • Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source Alternatif untuk memperoleh informasi yang berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
Kekurangan LINUX:
  • Banyak pengguna yang masih belum terbiasa dengan Linux  yang menggunakan CLI sebagai interfacenya dan masih banyak pengguna yang menggunakan Windows atau Mac OS yang menggunakan GUI sebagai interfacenya.
  • Proses instalasi software/aplikasi tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD/DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan.

4. WINDOWS

sistem operasi

Microsoft Windows atau biasa kita kenal dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah OS yang berbasis modus command line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru di pasarkan pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Kelebihan WINDOWS :
  • User friendly, dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, installasi software mudah, banyak software berbasis Windows, dan dukungan driver yang lebih banyak.
  • Mudah membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Perkembangan paling cepat dibanding sistem operasi lain karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan untuk sistem operasi Windows.
  • Banyak freeware ditawarkan untuk Windows,  kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa mengatasinya, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
Kekurangan WINDOWS:
  • Harga lisensi yang relatif mahal.
  • Komunitasnya masih terlalu sedikit, karena bersifat Close Source.
  • Rentan terhadap serangan virus.
  • Sistem keamanan yang masih dibilang kurang aman.

Baca juga : Kesalahan Manajemen Keuangan