Perbedaan Hotel Syariah dan Konvensional

Perbedaan Hotel Syariah dan Konvensional – Jika dulu tak banyak orang yang memilih hotel syariah sebagai tempat menginap ketika berlibur. Namun seiring dengan berkembangnya wisata bernuansa Islami di Indonesia dan kesadaran akan islam, keberadaan hotel syariah makin banyak diminati. Kenyamanan dalam konteks religi menjadi alasan utama pengunjung memilih hotel syariah.

Tapi apakah perbedaan Hotel Syariah dengan Hotel Konvensional itu sendiri ? Yuk kita cari tahu fakta menarik mengenai hotel syariah ini!

Geliat Hotel Syariah

Saat ini, hotel syariah tidak hanya dijadikan tempat menginap. Masyarakat mulai memilih hotel syariah sebagai tempat pertemuan bisnis atau rapat perusahaan. Layanan hotel syariah memiliki pasar tersendiri, yaitu tamu muslim yang menginginkan suasana kondusif dan nyaman ketika menginap.

Kementerian Pariwisata telah mengambil beberapa langkah konkret mendukung suksesnya wisata syariah di Indonesia. Salah satunya dengan cara menginventarisasi restoran-restoran yang telah memiliki sertifikat halal dan hotel dengan dapur halal. Selanjutnya restoran-restoran dan hotel-hotel tersebut akan dipromosikan ke pasar wisata syariah.

Terbuka Untuk Umum Tidak Harus Tamu Muslim

Meski mengusung konsep syariah, tidak berarti tamu nonmuslim dilarang menginap. Hotel-hotel tersebut memang menyediakan berbagai kemudahan bagi tamu Muslim. Selama tidak menyalahi peraturan hotel, tamu nonmuslim juga akan mendapatkan kenyamanan yang sama dengan tamu muslim.

  1. Peraturan

perbedaan hotel syariah

sumber gambar : picpedia.org

Perbedaan hotel syariah yang pertama adalah peraturan.

Peraturan di hotel syariah memiliki peraturan yang berbeda dibanding dengan hotel konvensional. Salah satunya adalah seseorang tidak boleh menginap dengan lawan jenis yang bukan pasangannya dalam satu kamar yang sama, sehingga apabila kamu menginap di hotel syariah sebaiknya membawa KTP suami-istri yang alamatnya sama.

Karena sudah sering melayani tamu dari berbagai kalangan, biasanya staf di hotel syariah bisa membedakan apakah tamu mereka benar-benar suami-istri atau hanya sekadar pasangan belum menikah yang ingin menginap.

  1. Fasilitas Hotel

perbedaan hotel syariah

sumber gambar : pixabay.com

Perbedaan hotel syariah yang kedua adalah fasilitas.

Hotel konvensional biasanya mempunyai fasilitas pendukung yaitu club atau bar, sehingga kamu bisa menemukan minuman beralkohol di sana. Sedangkan di hotel syariah fasilitas bar diganti dengan herbal bar. Lalu untuk kolam renang akan dipisah kolam ataupun waktunya antara laki-laki maupun perempuan.

  1. Sertifikat Halal dari MUI untuk Makanannya

perbedaan hotel syariah

Makanan yang tersedia di hotel konvensional bisa dikatakan halal, namun belum tentu ada sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sedangkan pada hotel syariah, makanannya sudah mempunyai sertifikasi halal dari MUI, sehingga lebih menyakinkan bagi kaum Muslim.

  1. Ibadah Jadi Lebih Nyaman

perbedaan hotel syariah

Untuk kamu yang tidak ingin meninggalkan ibadah sholat selama liburan, menginap di hotel syariah bisa menjadi pilihan yang baik. Di hotel syariah sudah tersedia perlengkapan sholat. sajadah, Al Quran, dan petunjuk arah kiblat.

Selain itu, di setiap kamar kecilnya juga disediakan fasilitas untuk berwudhu berbeda dengan hotel konvensional yang kebanyakan hanya menyediakan tisu

  1. Desain Interior

Pada hotel konvensional, desain interiornya cenderung lebih modern dan kekinian dengan lukisan ataupun patung. Sedangkan hotel syariah memiliki desain interior yang terlihat lebih islami seperti di dindingnya ditempeli dengan tulisan dan lukisan ayat Al Quran.

Itu dia beberapa perbedaan hotel syariah dengan hotel konvensional. Jika Anda tertarik investasi membuat hotel syariah ataupun merubah hotel konvensional ke hotel syariah, konsultasikan kepada kami Naureen Mitra Konsultan.

KONSULTASI