Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan kumpulan terminal komunikasi yang saling terintegrasi melalui media fisik tertentu dalam satu kendali teknis untuk keperluan komunikasi tertentu. Beragam keperluan komunikasi yang ada didalamnya memanfaatkan jaringan komputer ini, diantaranya pertukaran data, informasi, percetakan pada printer yang sama, bahkan keperluan untuk bersama-sama menggunakan aplikasi atau device yang terhubung dengan jaringan.

Jaringan komputer ini selanjutnya di klasifikasikan pada tiga jenis berdasarkan cakupan komunikasinya, yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN). Berikut ini penjelasan lengkapnya :

LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau yang sering disingkat LAN adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, perkantoran, gedung, dan sekolah. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis teknologi IEEE 802.3 menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, 1000 Mbit/s. Selain teknologi ethernet, saat ini teknologi 802.11b (Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membentuk jaringan LAN.

A) Prinsip Kerja LAN

LAN dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dengan tempat yang terbatas misalnya  terbatas didalam satu gedung, satu sekolah atau suatu kampus. Dengan menggunakan berbagai perangkat sederhana dan populer seperti menggunakan kabel UTP, Switch, Router, dan PC/komputer. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain saling terhubung.

B) Kelebihan jaringan LAN

1. Dapat Berbagi Resource

Dengan menggunakan jaringan LAN kita dapat dengan mudah berbagi resource dengan komputer lain. Hal ini tentu sangatlah efisien, selain itu dengan berbagi resource kita dapat menghemat biaya pengeluaran. Sebab tidak perlu lagi untuk membeli perangkat tambahan seperti scanner dan printer. Contoh dari berbagi resource pada jaringan LAN adalah sharing printer.

2. Data terpusat

Dengan menggunakan file server, data pada seluruh komputer yang terhubung pada jaringan LAN tersimpan pada satu tempat yaitu Server. Hal ini memudahkan user untuk saling mengakses file yang dimiliki oleh komputer lain. Selain itu, hal ini juga membantu untuk membackup data user apabila suatu terjadi kesalahan sehingga menyebabkan data terhapus.

C) Kekurangan Jaringan LAN

1. Keamanan yang Rentan

Pada jaringan komputer keamanan merupakan hal yang sangat penting, begitu pula pada jaringan LAN. Seorang admin jaringan berperan sangat penting dalam hal mencegah user yang tidak sah untuk mengakses data pada jaringan. Faktor lain yang mempengaruhi keamanan jaringan LAN yaitu user itu sendiri. Karena tidak menutup kemungkinan user tidak dapat menjaga rahasia password yang ia miliki.

2. Masalah Server Pusat

Masalah pada server pusat dapat berakibat fatal pada jaringan LAN, hal tersebut dapat mempengaruhi seluruh jaringan komputer sehingga menyebabkan komputer tidak dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya.

MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam satu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Berikut ini adalah karakteristik MAN :

  1. Meliputi area seluas 10 sampai 50 KM.
  2. Sebuah MAN umumnya tidak dimiliki oleh suatu oraganisasi.
  3. MAN sering bertindak sebagai jaringan berkecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah.

Fungsi dari jaringan MAN sendiri untuk membangun serta mengimplementasikan sistem jaringan yang mengkombinasikan antara server dengan tujuan memenuhi segala kebutuhan internal perusahaan dan pemerintahan yang di dalam mengkomunikasikan sebuah jaringan yang digunakan sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan semisal chat messenger, dan lainnya dengan menggunakan bandwidth lokal.

A) Kelebihan jaringan MAN

1. Server yang ada di kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang yang ada.

2. Transaksi yang dilakukan real-time (data yang ada di server pusat akan langsung di update).

3. Cakupan wilayah dari jaringannya lebih luas dibandingkan dengan sistem jaringan komputer lainnya, sehingga berkomunikasi menjadi lebih efisien.

4. Keamanan jaringan MAN lebih baik.

B) Kekurangan jaringan MAN

1. Biaya operasional dari jaringan MAN lebih mahal dibandingkan jaringan yang lainnya.

2. Instalasi dan infrastruktur jaringan tidak mudah.

3. Jika terjadi masalah pada jaringan akan rumit mengatasinya. Sehingga memerlukan sedikit waktu untuk memperbaikinya.

4. Menjadi targer cracker yang dapat digunakan untuk keuntungan pribadi.

WAN (Wide Area Network)

lan man wan

Wide Area Network atau yang biasa disebut WAN adalah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut, dan satelit. Jaringan WAN merupakan kumpulan dari LAN yang dihubungkan dengan menggunakan komunikasi modem dan jaringan internet dari kantor pusat ke kantor cabang ataupun sebaliknya. Dengan sistem jaringan ini pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang dengan PC yang berada di lain kota ataupun negara.

A) Keuntungan jaringan WAN

1. Bisa diakses dengan jangakauan area geografis yang luas.

2. Komunikasi antar kantor dapat mengguakan E-mail dan chat.

3. Pooling data dan updating data antar kantor dapat dilakukan secara real-time.

B) Kekurangan Jaringan WAN

1. Biaya operasional yang mahal dan umumnya lambat.

2. Memerlukan firewall yang baik.

3. Rentan terhadap hacker atau cracker.

BACA JUGA : Sotware Akuntansi