Langkah Memulai Bisnis Hotel

Bisnis Hotel adalah sebuah bisnis yang sangat menarik dan sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Tapi bisnis hotel anda harus di kelola secara profesional. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis ini adalah nilai jual properti hotel yang selalu meningkat dan nilainya jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan investasi awal yang dikeluarkan. Tujuan utama dari bisnis hotel adalah membuat hotel anda dengan tingkat hunian yang tinggi.

bisnis hotelsumber gambar : pixabay.com

Kunci sukses bisnis hotel ada di tangan pemilik dan pengelola hotel di mana kedua belah pihak harus saling bersinergi guna mencapai tujuan bersama. SDM yang handal dan berpengalaman adalah modal awal untuk membuat bisnis hotel anda sukses.

Bisnis hotel merupakan bisnis yang bertujuan untuk membuat tamu senang dengan hotel anda, baik dari  sisi pelayaan, suasana di luar maupun di dalam hotel termasuk harga yang di tawarkan. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu anda harus membuat fasilitas yang nyaman, aman dan terjangkau. Terkadang orang berpikir bahwa menggunakan fasilitas hotel adalah sesuatu yang mahal, mungkin itu ada benarnya tapi jika di bandingkan dengan kepuasan yang di dapat, harga bukan lagi menjadi masalah utama.

Lokasi juga merupakan kunci sukses anda dalam mengelola bisnis hotel. Lokasi yang tepat akan berpengaruh pada faktor harga yang nantinya akan di bayar oleh tamu hotel anda. Kenapa lokasi memegang peranan penting dalam industri perhotelan? karena lokasi itu unik. Meskipun hotel anda berada di jalan yang sama dengan kompetitor anda, disinilah peran konsultan hotel anda untuk membuat daya jual hotel anda supaya terlihat unik dan mengesankan.

Memulai bisnis hotel dapat kami uraikan dalam beberapa langkah sederhana dibawah ini:

  1. Gagasan atau konsep hotel

bisnis hotel

sumber gambar : pxhere.com

Gagasan atau konsep hotel adalah modal awal untuk anda mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis hotel anda. Banyak para pemilik hotel yang sukses dengan modal ide dan konsep cemerlang untuk dapat membangun hotel yang di impikan.

  1. Modal untuk membangun bisnis hotel

bisnis hotel

sumber gambar : www.goodfreephotos.com

Setelah ide Anda cukup menggebu dan Anda merasa sangat yakin dengan ide Anda tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu dengan melihat faktor modal Anda.

Anda harus menghitung besaran berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun  dan mengoperasikan sebuah hotel. Apabila modal anda tidak terlalu besar anda masih tetap dapat membangun hotel dengan konsep sederhana (simple).

Anda tidak harus mempunyai modal sebesar 100% dari keseluruhan yang dibutuhkan. Cukup dengan dana 40% sampai dengan 50% dari modal yang dibutuhkan secara keseluruhan Anda sudah dapat membangun hotel. Selebihya bisa Anda dapatkan baik dari investor maupun peminjaman kepada lembaga keuangan.

  1. Menentukan lokasi yang tepat

bisnis hotel

sumber gambar : pexels.com

Faktor lokasi sangat berperan penting dalam menentukan kesuksesan usaha hotel, sebab lokasi anda akan menentukan harga jual hotel anda, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi Return on equity (ROE) dan Return On Investment (ROI) anda .

Namun jika Anda menemukan tanah maupun gedung kosong yang sudah tidak berfungsi. Anda dapat menggunakannya untuk membangun hotel yang Anda inginkan dan biasanya Anda dapat membeli tanah ataupun gedung tersebut dengan harga yang murah.

  1. Membuat studi kelayakan atau feasibility study

Tips selanjutnya adalah dengan membuat studi kelayakan, Sudah sangat  jelas bahwa sebagai pemilik bisnis tentu anda harus tau resiko dan peluang apa saja yang akan mungkin terjadi pada bisnis anda. Dengan membuat feasibility study anda akan mendapatkan gambaran jelas tentang rencana bisnis anda.

Selain itu studi kelayakan juga akan membantu Anda menentukan jenis hotel yang harus Anda pilih, jumlah kamar yang seharusnya Anda bangun, fasilitas apa saja yang perlu dan tidak perlu, berapa harga kamar, berapa investasi yang harus Anda keluarkan sampai berapa lama Anda akan mendapatkan investasi Anda kembali.

Studi kelayakan akan membantu Anda untuk mengurangi resiko terjadinya kerugian dalam skala besar yang disebabkan karena Anda merancang hotel yang salah. Sebaiknya Anda harus melibatkan langsung konsultan hotel agar studi kelayakan Anda hasilnya fair dan objektif.

Kami dapat membantu anda untuk membuat sebuah rencana bisnis hotel anda. Jika berminat bisa hubungi kami disini

  1. Melibatkan konsultan bisnis hotel

konsultan

Jika anda tidak mempunyai pengalaman sama sekali tentang hotel maupun properti sebaiknya libatkan konsultan hotel. Biasanya mereka memiliki tim dan koneksi yang berpengalaman di kedua bidang tersebut. Konsultan hotel akan mempersiapkan semua yang anda butuhkan untuk bisnis hotel anda.

Dengan cara ini, Anda akan dapat mengurangi beban pekerjaan perencanaan hotel serta rencana operasional akan berjalan lebih baik. Konsultan hotel akan membuat biaya yang Anda butuhkan tidak keluar lebih banyak yang disebabkan karena salah membeli barang maupun desain.

Jika anda membutuhkan profesional untuk mengelola bisnis hotel, membuat studi kelayakan, ataupun hanya sebagai konsultan anda bisa menghubungi kami di nomor telepon ataupun email dibawah ini:

021 – 29213155 / info@naureenkonsultan.com

PT. Naureen Mitra Konsultan

Kedung Waringin, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat 16923